Twitter

Selasa, 24 Desember 2013

Tips Mengikuti dan Memenangkaan Lomba Foto


Photography Champion
Para fotografer yang akan memulai debutnya pasti sering mencari dan mengikuti kegiatan lomba foto untuk membuat sebuah prestasi. Dan biasanya banyak dari mereka yang mengalami kekecewaan ketika foto mereka tidak terpilih sebagai pemenang. So, apa yang harus di lakukan? Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin mengikuti lomba foto adalah memiliki mental siap ketika menang maupun kalah. Kesiapan mental anda dalam mengikuti lomba foto sangat membantu anda ketika foto yang anda ikut sertakan ke dalam lomba terpilih maupun tidak terpilih.
Hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah memahami segala isi dari syarat dan ketentuan lomba fotografi yang anda ikuti tersebut, dan berikut ada beberapa tips lain agar anda dapat terpilih sebagai pemenang dalam perlombaan foto;
  • Baca dan pahamilah ter;ebih dahulu tema yang akan anda ikuti. Jika foto yang anda ikut sertakan ke dalam lomba foto melenceng dari te atau tidak sesuai sudah jelas anda akan jauh dari kemenangan, karna tema dalam lomba adalah hal utama dalam penjurian lomba foto.
  • Membaca syarat dan ketentuan yang di berikan oleh panitia lomba foto, seperti ketentuan ukuran foto, periode pengiriman foto, bahkan keterangan pada tiap-tap foto. Jangan pernah mengirimkan foto yang tidak sesua dengan ketentuan, karna biasanya dewan juri akan memilih foto pemenang sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  • Kirimlah foto anda yang belum pernah di ikut sertakan pada lomba-lomba foto sebelumnya baik kalah maupun menang. Karna di beberapa ketentuan lomba foto pasti memberikan keterang dilarang mengirimkan foto yang pernah di ikut lombakan sebelumnya.
  • Keunikan, ya keunikan adalah nilai yang sangat membantu dalam proses penjurian. Buatlah foto anda unik. bahkan berbeda dari foto peserta lainnya. Sekalipun tsubyeknya umum anda harus tetap percaya diri bahwa hasil foto anda lah yang paling baik.
  • Jika anda sudah tahu siapa yang akan menjadi juri dalam perlombaan tersebut, cari taulah seperti apa selera dan karakter yang biasa ia sukai. Biasanya juri dalam lomba foto tidak hanya ada satu, jadi berusahalah membuat foto dengan selera kombinasi dari beberapa juri tersebut.
  • Sebelum mengirimkan foto anda dalam lomba tersebut, ada baiknya anda bandingkan terlebih dahulu dengan foto yang di miliki oleh teman anda. Dalam keadaan ini mental anda sangat di uji karna ketika foto anda ternyata lebih jelek dari foto teman anda, anda harus mengakuinya dan berusaha membuat foto baru yang lebih baik lagi.
  • Ingat, dalam lomba foto faktor keberuntungan sangatlah menjadi dominan, bahkan ada yang bilang kalau faktor keberuntungan porsinya hingan 80 persen. Apabila demikian, foto secantik apapun, seindah apapun akan tetap kalah dengan foto yang memiliki faktor keberuntungan.
  • Dan yang terakhir adalah, ketika anda sudah mengirimkan foto anda pada perlombaan yang anda ikuti, pasrah dan berdoalah.
Sekian tips dari kami dalam mengikuti dan memenangkan lomba foto, semoga bermanfaat, dan semoga foto anda menang. Salam fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar