Twitter

Jumat, 27 Desember 2013

Tips Membuat Efek Foto Sturburst


Starburst effect
Foto starburst, ada yang pernah mendengar efek foto ini sebelumnya? Jika belum, mari kita ketahui seperti apa efek foto tersebut sebenarnya. 
Foto starburst atau yang bisa kita anggap dengan membuat cahaya lampu menjadi bintang, maksudnya adalah kita membuat sumber cahaya baik pada malam hari ataupun siang hari  menjadi berbeda.
Dengan adanya cahaya yang akan kita ubah bentuknya menjadi  bintang dari lampu-lampu yang menghiasi indahnya pemandangan malam dengan efek starbust tersebut, tetapi efek ini tidak serta merta hanya di gunakan untuk keadaan malam, untuk mengambil matahari pun  juga bisa, intinya efek foto ini kita akan merubah bentuk cahaya menjadi bintang.
Nah sudah paham kan dengan apa yang dimaksudkan oleh efek starburst? Jika sudah mari kita lanjut untuk membuat efek tersebut terealisasikan oleh foto kita. Dengan beberapa cara seperti di bawah anda bisa membuat foto dengan suasana malam hari lebih berkesan.

Berikut tips membuat efek foto starburst;

  • Gunakan Tripod
    Heem sepertinya penggunaan tripod ini tidak akan lepas dari sekian banyaknya efek termasuk efek foto yang ingin kita buat ini. Kenapa menggunakan tripod? Karna untuk memotret suasana malam di butuhkan angka f yang besar seperti f/18 dan shutter speed 25 detik, nah disinilah peran penting tripod untuk membantu agar foto anda tidak menjadi kabur.
  • Atur Settingan Kamera.
    Untuk dapat memotret efek ini anda harus menggunakan angka f yang besar, set ISO yang rendah karna kita akan memotret long exposure. Untuk memotret malam hari akan ada kecenderungan hasil foto yang terlalu terang. Cara mengatasinya gunakan exposure compensation dengan angkanya di bawah 1, tetapi anda juga tetap harus melihat keadaan sekitar.starburst_lampu_malam
  • Setting Fokus.
    Dengan memotret menggunakan aperature besar, kita tidak akan terlalu pusing memikirkan fokus, namun jika anda ingin mengamankan hasi foto anda coba gunakan titik manual fokus atau set di infinity.
  • Cobalah Berulang Kali.
    Jika semua kesiapan sudah anda penuhi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk anda mempraktekan semua teori yang sudah anda baca tadi, jangan cepat menyerah ketika anda belum juga berhasil, ambil terus dan percaya bahwa anda bisa membuat efek starburst dengan hasil yang keren.
Oke sekiranya itu sudah cukup untu membantu anda dalam menciptakan efek foto ini, jika ada yang masih kurang bisa anda langsung berikan komentar saja, sharing sama-sama ya kawan fotografi, selamat mencoba semoga berhasi, dan salam fotografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar