Twitter

Sabtu, 28 Desember 2013

Mengenal dan Mempelajari Foto Urban Decay


Urban Decay
Urban Decay, ada yang belum tahu tentang foto urban decay? Apakah anda pernah melihat gedung yang sudah tua, pasar bekas kebakaran, rongsokan mobil rusak atau kereta api yang dimakan oleh cuaca dan bahkan mall atau gedung tinggi yang berhenti pembangunannya? Jika iya itu adalah sebagian dari konsep foto Urban Decay.
Urban Decay ini menjadi genre tersendiri karna memiliki daya tarik yang lain. Kalau anda tinggal di kota besar atau sedang anda tidak akan sulit menemukan bangun yang saya sebutkan seperti diatas.

Dan berikut beberapa tips untuk membuat foto Urban Decay;

  • Bawalah Tripod, 
    Objek seperti yang tadi di katakan sudah pasti akan memiliki sedikit cahaya karena semua jendela tertup, jadi anda bisa menggunakan triopd untuk mengurangi tingkat getaran pada hasil foto anda karna suasananya yang cukup gelap.
  • Ajaklah Teman, 
    Memotret dalam gedung runtuh yang sudah berumur terkadang dapat memberikan kita rasa takut, apalagi jika anda adalah orang yang bulu kuduknya mudah berdiri, jadi bawalah teman yang banyak selain untuk menemani anda mereka juga bisa anda ikut sertakan dalam konsep foto urban decay ini.
  • Pakailah Sepatu,
    Siapa yang bisa mengira ketika anda berada pada ruangan yang sudah ber-umur tersebut memiliki pecahan kaca pada lantai bahkan paku-paku yang sudah berkarat. Jadi pakailah sepatu untuk melindungi kaki anda dari benda tajam tersebut.
  • Maksimalkan Tekstur dan Detail,
    Foto urban decay memiliki ciri khas tersendiri antara lain menonjolkan tekstur dari dinding ataupun isi gedung serta permainan gelap terang. Carilah cahaya samping (slide lighting) untuk memperkuat tekstur pada foto anda.
  • Gunakanlah Lensa Wide,
    Karna sudah jelas gedung yang ber-umur pasti tidak memiliki banyak ruangan yang besar, jadi anda bisa mengantisipasinya dengan lensa wide, selain karna hal tersebut anda juga bisa mengambil secara keseluruhan tekstur yang ada oleh lensa wide yang anda miliki, jika ingin hal yang berbeda anda juga boleh membawa beberapa jenis lensa lain.
  • Panorama,
    Maksudnya adalah anda bisa membuat foto urban decay tersebut dengan mode panorama, memang biasanya mode ini sering di pakai untuk pemandangan, tapi kenapa tidak anda pakai dalam foto urban decay, hasilnya dijamin tidak akan mengecewakan.
    panorama
  • Terakhir buatlah Foto menjadi Hitam Putih,
    Seram, spooky, banyak bayangan gelap dan muram itulah sebagian ciri dari foto urban decay. Anda bisa mmemaksimalkan kesan dengan mengambil gambar mode hitam putih.
    Urban_Decay_by_dafoururban_decay_by devianart
Nah itu dia beberapa tips dari kami untuk membuat foto urban decay dengan hasil yang kece, jangan anda lupakan juga tentang komposisi. Selamat mencoba, dan salam fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar