Twitter

Selasa, 24 Desember 2013

Teknik Fotogrhafi Jurnalis


damir-Å¡agolja
Dunia fotografi tidak hanya di hiasi oleh sederet fotografer handal dan terkenal dalam membidik karya karya mereka, tetapi ada perbedaan pada foto jurnalis, tidak bisa sembarangan, karna foto jurnalis ini banyak mengandung unsur-unsur kehidupan sehari-hari.
Ya salah satunya adalah Damir Sagolj, dia adalah seorang fotografer router asal Sarajevo yang berbasis di Thailand. Pada suatu kesempatan ia membuat video tentang tips foto jurnalisme yang bisa anda jadikan acuan dalam mempelajari foto jurnalisme tersebut.

Dan dapat kita ambil beberapa tips dari video tersebut;

  1. Antisipasi

    Saat momen penting datang, anda harus sudah siaga. Caranya bagaimana? Saat datang ke lokasi jangan diam atau malah bengong, banyak-banyaklah memotret dan mengasah kamera, dengan begitu saat momen penting datang kita tak lagi kaku dengan kamera.
  2. Riset

    Saat ditugaskan  pada sebuah tempat baru, anda harus mengetahui semua tentang lokasi tersebut, mulai dari orang-orangnya dan cerita mengenai lokasi tersebut.
  3. Jalinlah Pertemanan

    Dilokasi manapun anda ditugaskan, carilah koneksi dan teman yang sangat dapat membantu anda nantinya, baik dalam membantu memecahkan banyak masalah. Anda tidak akan tahu kapan anda membutuhkannya, namun anda pasti akan membutuhkannya.
  4. Buatlah Prioritas

    Dalam meng-cover sebuah berita, anda harus membuat prioritas dan harus bisa berfokus pada prioritas tertinggi anda. Tidak mungkin melakukan semuanya sekaligus, anda harus menyusun dan memprioritaskan satu dari sekian banyak planning anda.
  5. Banyak Latihan

    Anda harus paham betul dengan kamera dan perlengkapan fotografi lainnya. Apapaun yang anda gunakan saat itu, ketahui cara memaksimalkan dan menggunakannnya secara cepat. Ketika momen datang, anda tidak lagi berkutat pada  setting kamera tersebut.
  6. Berinteraksilah

    Bergabung dengan fotografer lain pada lingkungan yang sama akan memberi anda wawasan, informasi dan juga pengetahuan yang baru.
  7. Jadilah tidak Terlihat Saat Memotret Orang

    Saat memotret seseorang, memotretlah dengan tersembunyi, jangan terlihat mencolok. Anda tidak datang ke wilayah privat seseorang dan bermain-main kamera disana, anda ingin memotret ekspresi orang dalam keadaan paling natural, dan orang akan terlihat natural ketika kita dan kamera kita seolah-olah tidak terlihat. Memotretlah secara tersembunyi dan tidak menghebohkan.
Oke itu dia tadi beberapa tips dari Damir Sagolj untuk anda bisa menjadi fotografer jurnalis yang lebih baik lagi, semoga tipsnya bermandaat, anda juga bisa langsung mengunjungi situs web dari Damir Sagolj utnuk melihat hasil-hasil karya-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar