Twitter

Jumat, 27 Desember 2013

5 Tips Mengurangi Flare Pada Foto


Flare Foto
Sinar matahari yang dengan cahayanya memang membantu kita dalam memotret sebuah obyek karna kita tidak harus ber susah-susah dalam mencari cahaya, namun terkadang sinar matahari secara langsung dapat menabrak elemen pada lensa sehingga memicu terjadinya flare pada hasil akhir foto anda.
Memang pada sebagian banyak orang terkadang justru ingin menciptakan foto dengan adanya flare ini, karna untuk memberikan kesan tersendiri, tetapi jika tidak anda harus menghindarinya.
Untuk itu anda dapat menghindari flare pada foto anda jika anda ingin membuat foto anda terlihat lebih tajam dengan beberapa cara seperti berikut.
  1. Ubahlah Posisi Foto
    Dalam menghindari flare ini ada banyak cara yang bisa anda lakukan salah satunya dengan mengubah posisi foto anda, jika flare muncul karna anda terlalu mengankat kamera beserta lensa anda ke atas anda bisa seidikit menurunkannya ke sudut yang cukup rendah.
  2. Gunakan Lensa Hood 
    Selain berfungsi melindungi lensa secara fisik juga membantu dalam menghilangkan flare. Fungsi kerja lensa hood ini memberikan payung bagi elemen depan lensa.
  3. Ikut Sertakan Tangan Anda
    Maksudnya adalah anda bisa menggunakan tangan anda untuk menghalangi masuknya cahaya yang begitu banyak dan langsung menabrak lensa bagian depan anda, tapi ada hal yang harus di perhatikan anda harus memperhatikan tangan jangan sampai ikut pada foto.
  4. Jagalah Selalu Kebersihan Lensa
    Kebersihan lensa sangat menjadi faktor keberhasilan untuk anda menghindarkan flare pada foto yang ingin anda buat. Jadi jaga selalu kamera anda dari kotoran seperti debu maupun minyak.
  5. Kualitas Lensa dengan Coating Tertentu
    Lensa modern atau model terbaru biasanya dirancang dengan pada bagian optiknya dengan lapisan tertentu sehingga lebih tahan dan bisa mengurangi flare yang pada kamera biasa begitu jelas terlihat.
Oke jadi bagaimana? Sudah ada banyak cara bukan untuk mengurangi flare pada hasil foto anda? Jadi selamat membuat foto di terik matahari dan tanpa ada flare pada foto anda. Semoga bermanfaat artikl kali ini dan salam fotografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar