Twitter

Kamis, 24 Januari 2013

Perlengakapan Saat Syuting


Hal Penting Menjelang Syuting

Sebelum melakukan syuting, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya agar syuting bisa berjalan lancar. Kalau syuting tersendat maka kamu akan rugi waktu dan biaya. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat melakukan syuting. Pertama, persiapan fisik, persiapan ini mencakup perangkat yang akan digunakan untuk syuting. Misal kamera. Benda ini sangat penting, itu sebabnya kamu harus yakin dengan kondisi kamera, agar lancar saat pengambilan gambar.



Kamu juga harus menyiapkan dan memeriksa perangkat lain yang berhubungan dengan kamera seperti film, tripod, kaset film atau memory card, reflektor, dan berbagai macam kabel. Apabila salah satu peralatan tidak terbawa dan mengetahui saat di lokasi syuting, maka akan menjadi masalah dan mungkin syuting akan dibatalkan.

Selain perangkat keras tadi, seorang sutradara juga harus menyiapkan beberapa hal seperti skenario, storyboard, jadwal syuting dan daftar pemain. Nah, jangan lupa menyiapkan properti dan divisi artistik. Hal ini juga perlu disiapkan karena untuk penataan tempat, dekorasi tempat dan penata artistik harus memeriksa perlengkapan properti sudah sesuai dengan skenario dan tempat, agar hasil lebih bagus.

Selain itu, ada beberapa tugas administratif dan biasanya dilakukan oleh produsen dan asisten produser. Misalnya melakukan konfirmasi kepada para pemain dan anggota kru agar mereka tahu tentang jadwal syuting.

Jangan lupa untuk mengurus surat izin peminjaman suatu lokasi syuting. Saat peminjaman lokasi atau konfirmasi, hendaknya dilakukan saat sebelum melakukan syuting di tempat tersebut, karena apabila dilakukan secara dadakan, maka malah akan menjadi masalah tersendiri. Misalnya ketika semua team sudah lengkap dan tiba di lokasi syuting, ternyata tempat tersebut sudah dipakai oleh pihak lain.

Sesuatu ini sangatlah pentin. Apa sesuatu yang dimaksud? Sesuatu yang di maksud ada uang. Bayangin jika saat syuting tidak membawa uang, bisa gawat tu, apa mau utang sama orang lain? Nanti disangka, syuting modal dengkul, haha.

Uang sangatlah penting dan harus dibawa ketika syuting, misal untuk transportasi dan konsumsi. Selain itu, uang bisa juga digunakan sebagai pegangan kalau terjadi sesuatu yang tidak terduga dan kita tidak akan pernah tahu apa saja yang bakal terjadi di lapangan.

Ok, yang jelas, semua harus dipersiapkan secara matang dan disarankan untuk membuat daftar tentang semua hal yang menyangkut tentang kegiatan syuting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar